Header Ads

Penyakit Bakhil

๐Ÿ’ฆPenyakit Bakhil...
✍Bahayanya Sikap Kikir
Salah satu penyebab kesulitan hidup adalah: BAKHIL ATAU KIKIR.
Alloh berfirman,
ูˆَู„َุง ูŠَุญْุณَุจَู†َّ ุงู„َّุฐِูŠู†َ ูŠَุจْุฎَู„ُูˆู†َ ุจِู…َุง ุขุชَุงู‡ُู…ُ ุงู„ู„َّู‡ُ ู…ِู†ْ ูَุถْู„ِู‡ِ ู‡ُูˆَ ุฎَูŠْุฑًุง ู„َู‡ُู…ْ ۖ ุจَู„ْ ู‡ُูˆَ ุดَุฑٌّ ู„َู‡ُู…ْ ۖ ุณَูŠُุทَูˆَّู‚ُูˆู†َ ู…َุง ุจَุฎِู„ُูˆุง ุจِู‡ِ ูŠَูˆْู…َ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ ۗ ูˆَู„ِู„َّู‡ِ ู…ِูŠุฑَุงุซُ ุงู„ุณَّู…َุงูˆَุงุชِ ูˆَุงู„ْุฃَุฑْุถِ ۗ ูˆَุงู„ู„َّู‡ُ ุจِู…َุง ุชَุนْู…َู„ُูˆู†َ ุฎَุจِูŠุฑٌ
“Dan janganlah sekali-kali orang-orang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari Karunia-Nya, mengira bahwa (kikir) itu baik bagi mereka. Adapun (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (di lehernya) padahari kiamat. Milik Allah-lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi. Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan."[Ali 'Imran 180]
Allah berfirman : " Maka setelah Allah memberikan kepada mereka sebagian dari karunia-nya, mereka kikir dengan karunia itu dan ia berpaling dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran)."[At-Taubah : 76]
Firman-Nya,
ูˆَุฃَู…َّุง ู…َู†ْ ุจَุฎِู„َ ูˆَุงุณْุชَุบْู†َู‰ٰ * ูˆَูƒَุฐَّุจَ ุจِุงู„ْุญُุณْู†َู‰ٰ * ูَุณَู†ُูŠَุณِّุฑُู‡ُ ู„ِู„ْุนُุณْุฑَู‰ٰ
"Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup. Serta mendustakan pahala yang terbaik, maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang sukar."[Al-Lail : 8-10]
Ibnu Abbas berkata, “ Bakhil dengan hartanya dan tidak mau menyembah Allah ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ , tidak percaya terhadap surga dan nikmat-Nya, maka akan Allah persiapkan untuknya nasib yang menjadikannya dalam kesusahan yaitu kehidupan yang sulit di dunia dan akhirat. Ia adalah jalan kejahatan "
Allah berfirman,"Jika Dia meminta harta kepadamu lalu mendesak kamu (supaya memberikan semuanya) niscaya kamu akan kikir dan Dia akan menampakkan kedengkianmu. Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada Jalan Allah. Maka diantara kamu ada orang yang kikir dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap diri nya sendiri. Dan Allahlah yang Maha kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan(Nya); dan jika kamu berpaling , niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain dan mereka tidak akan seperti kamu (ini).” (Muhammad: 37-38)
Rasulullah ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ bersabda,
ุงุชَّู‚ูˆุง ุงู„ุธُّู„ู…َ . ูุฅู†َّ ุงู„ุธُّู„ู…َ ุธู„ู…ุงุชٌ ูŠูˆู…َ ุงู„ู‚ูŠุงู…ุฉِ . ูˆุงุชَّู‚ูˆุง ุงู„ุดُّุญَّ ูุฅู†َّ ุงู„ุดُّุญَّ ุฃู‡ู„ูƒ ู…ู† ูƒุงู† ู‚ุจู„ูƒู… . ุญู…ู„ู‡ู… ุนู„ู‰ ุฃู† ุณููƒูˆุง ุฏู…ุงุกَู‡ู… ูˆุงุณุชุญู„ُّูˆุง ู…ุญุงุฑู…َู‡ู…
” Jauhilah perbuatan zalim, karena kezaliman akan membawa kegelapan di hari kiamat. Dan jauhilah dari sifat kikir dan tamak , karena ia telah menghancurkan umat sebelum kalian. Ia telah mendorong mereka menumpahkan darah saudara mereka sendiri dan menghalalkan kehormatan mereka.. (HR Muslim, 2578)
Rasulullah ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„ู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ telah menjelaskan dampak negatif yang diakibatkan dari penyakit bakhil ini dalam sabdanya :
ุงูŠุงูƒู… ูˆุงู„ุดุญ ูุงู† ุงู„ุดุญ ุฃู‡ู„ูƒ ู…ู† ูƒุงู† ู‚ุจู„ูƒู… ุงู…ุฑู‡ู… ุจุงู„ู‚ุทูŠุนุฉ ูู‚ุทุนูˆุง ูˆุฃู…ุฑู‡ู… ุจุงู„ุจุฎู„ ูุจุฎู„ูˆุง ูˆุงู…ุฑู‡ู… ุจุงู„ูุฌูˆุฑ ููุฌุฑูˆุง (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุงู…ุงู… ุงุญู…ุฏ)
“Hati-hatilah kamu terhadap sifat bakhil, karena bakhil telah merusak orang-orang sebelum kalian. Mereka disuruh memutuskan silaturrohmi maka merekapun memutuskannya, mereka disuruh berbuat kikir merekapun melakukannya, mereka disuruh berbuat maksiyat maka merekapun melakukannya"( HR Imam Ahmad disohihkan Al-Albany dalam Ash-Shohihah, 2/513).
Rasulullah bersabda, "Hati-hatilah kalian terhadap perbuatan kikir, karena sifat kikir telah menjerumuskan orang-orang yang sebelum kalian, sehingga mereka menumpahka darah-darah mereka, dan telah menjerumuskan orang-orang yang sebelum kalian sehingga mereka memutuskan hubungan silaturahminya, dan telah menjerumuskan orang-orang yang sebelum kalian sehingga mereka menghalalkan apa yang diharamkan untuk mereka.” (HR Imam Ahmad disohihkan Al-Albany dam At-Targhieb, 2603)
Rasulullah bersabda,
ุฎَุตู„ุชุงู†ِ ู„ุง ูŠุฌุชู…ุนุงู†ِ ููŠ ู…ุคู…ู†ٍ : ุงู„ุจُุฎู„ُ ، ูˆุณูˆุกُ ุงู„ุฎُู„ُู‚ِ
“Ada dua sifat yang tidak akan terkumpul pada orang yang beriman yaitu sifat kikir dan buruk sangka.( HR At-Tirmidzi disohihkan Al-Albany dalam At-Targhieb, 2608) .
๐Ÿ“ŒKISAH QARUN
Allah menjelaskan tentang Qarun dan kekayaannya di dalam surah Al-Qhasas ayat 70-80.
Ibn Katsir dalam al-Bidayah wa an-Nihayah, mengisahkan tentang Qorun yang asalnya dia itu bukanlah orang yang kaya. Dan dia sangat dekat dengan Nabi Musa ุนู„ูŠู‡ ุงู„ุณู„ุงู…. Qarun belajar dengan Nabi Musa. Salah satu ilmu yang dipelajarinya ialah, ilmu mengenai tempat mana emas tersembunyi di dalam bumi.
Qarun akhirnya menjadi kaya-raya. Setelah kaya-raya, Qarun diminta agar memberikan sedikit harta kekayaannya kepada kaumnya.
Namun, sayangnya Qarun membantah dan membusungkan dada bahwa segala harta yang diperolehinya itu adalah atas ilmu dan kerja keras dirinya sendiri.
Akhirnya, Allah membenamkan Qarun, istana dan hartanya ke dalam bumi.
๐ŸŒนKisah ini merupakan kisah nyata yang disampaikan oleh Allah dalam Al-Qur'an sebagai ibroh bagi setiap manusia setelahnya tentang bagaimana bahayanya sikap KIKIR, dan bagamana akhir perjalanan hidupnya.
Mereka yang kikir bahkan takabbur tidak akan bahagia diakhirnya dengan hartanya dan pasti mendapat murka Allah. Wallahu A'lam
๐ŸƒAbu Yusuf Masruhin Sahal, Lc
๐Ÿ“š✒.๐ŸŒพ..๐ŸŒด

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.